• Home
  • Berita
  • Harus Banget Susu UHT Dingin? Nggak Kok, Kan Ada Teknologi Aseptik

Harus Banget Susu UHT Dingin? Nggak Kok, Kan Ada Teknologi Aseptik

Redaksi
Jul 11, 2024
Harus Banget Susu UHT Dingin? Nggak Kok, Kan Ada Teknologi Aseptik
Jakarta -

Viral ibu-ibu marah susu tidak dingin. Di video yang tersebar, terlihat perempuan itu memegang susu UHT berukuran satu liter. Dia bahkan menuntut pengembalian uang karena hal itu.

"Kalau nggak dingin saya minta uang kembali. Susu itu harusnya dingin, karena saya ada order susu yang kecil itu dikasih dingin. Saya nggak peduli dan saya udah telat," demikian sorot ibu tersebut, dalam video yang beredar Selasa (9/7/2024).

Tapi tahu tidak, susu dalam kemasan seperti itu sebenarnya tidak wajib masuk kulkas loh, detikers. Melansir laman resmi American Dairy Association North East, Kamis (11/7/2024) susu itu dikenal dengan sebutan susu aseptik. Susu aseptik adalah susu sapi yang tidak butuh kulkas sebagai penyimpanan namun nutrisinya tetap utuh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Susu aseptik diproses menggunakan pasteurisasi suhu sangat tinggi (UHT). Dengan begitu, bakteri berbahaya dalam susu telah terbunuh. Susu kemudian langsung dikemas dalam lingkungan steril ke dalam kemasan khusus yang mencegah masuknya udara. Prosedur ini membuat susu tahan lama.

Namun tak masalah jika menyimpan susu di dalam kulkas. Bahkan, direkomendasikan untuk menyimpan susu dalam kulkas beberapa jam sebelum dikonsumsi agar lebih nikmat.

ADVERTISEMENT

Akan tetapi, lain cerita kalau kamu sudah membuka susu kemasan tersebut. Susu itu harus segera disimpan di dalam kulkas. Untuk kedaluarsa, susu aseptik dapat bertahan tujuh hari setelah tutupnya dibuka.

Jadi begitu detikers, susu UHT dalam kemasan memang bisa disimpan di suhu ruangan tanpa harus masuk ke kulkas selama segel tutupnya belum dibuka. Itu semua berkat teknologi aseptik dan pengemasannya. Tapi, jika ingin dimasukkan ke dalam kulkas pun tidak masalah. Malah, makin segar kan kalau minum susu dingin-dingin.



Ini Perbedaan Susu UHT dan Pasteurisasi

Ini Perbedaan Susu UHT dan Pasteurisasi


(ask/fay)
back to top