GTA V Kebagian Fitur Ray Tracing, Jadi Memukau!
Grand Theft Auto V (GTA V) memang game jadul karena dirilis sejak 2013, namun game ini masih diperbarui dan mendapat fitur kekinian.
Fitur tersebut adalah ray tracing, yang membuat tampilan refleksi atau pantulan menjadi lebih realistis. Rockstar, pengembang GTA V, menambahkan fitur ray tracing ini untuk game versi PS5 dan Xbox Series X, konsol yang memang punya "tenaga" lebih untuk menjalankan GTA V.
Ray tracing ini hadir lewat patch terbaru yang disebar Rockstar. Kehadiran fitur ini membuat tampilan grafis game jadul itu menjadi sangat realistis, karena detil gambar mobil, karakter, jendela, atau permukaan apa pun yang mengkilap menjadi sangat impresif.
Jadi saat gamer melihat permukaan yang mengkilap, akan terlihat pantulan dari objek-objek yang ada di sekitarnya. Mirip dengan ray tracing yang ada di Cyberpunk 2077, game yang jauh lebih baru dan lebih membutuhkan kemampuan konsol (atau PC) yang lebih jauh tinggi.
[Gambas:Twitter]
Untuk bisa menikmati ray tracing di GTA V, gamer perlu mengaktifkan mode "Fidelity" di pengaturan game. Ada juga opsi "Performance RT" untuk gamer yang menginginkan tampilan yang seimbang antara kualitas grafis dan frame rate. Karena mode di mode "fidelity", frame rate akan diturunkan ke 30 fps, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Senin (19/12/2022).
Mengapa ray tracing di GTA V ini hal yang unik? Karena sejauh ini tak banyak game konsol yang mendukung ray tracing. Sejauh ini tampaknya baru Cyberpunk 2077, Watch Dogs: Legion, dan beberapa seri Spider-Man yang mendapat fitur ini di konsol.
Oh ya, ada juga Fortnite yang baru-baru ini mendapat patch untuk dukungan Unreal Engine 5.1, yang mendukung Lumen dan Nanite. Lumen adalah sebuah fitur di Unreal Engine yang bisa menghasilkan pencahayaan lebih akurat dalam game. Sementara Nanite bisa memvirtualisasikan geometri.