• Home
  • Berita
  • Gempa Turki Hancurkan Kastil Gaziantep Berusia 1.800 Tahun

Gempa Turki Hancurkan Kastil Gaziantep Berusia 1.800 Tahun

Redaksi
Feb 08, 2023
Gempa Turki Hancurkan Kastil Gaziantep Berusia 1.800 Tahun

Gempa dahsyat yang melanda Turki dan Suriah pada Senin (6/2) turut menyebabkan kerusakan parah pada Kastil Gaziantep. Ini adalah kastil bersejarah era Romawi yang terletak di Anatolia, wilayah Tenggara Turki.

Foto-foto dan cuplikan dari tempat kejadian menunjukkan sebagian besar dinding batunya telah runtuh di lereng bukit sekitarnya. Beberapa benteng di bagian timur, selatan, dan tenggara kastil juga telah dihancurkan oleh gempa. Kubah dan dinding timur Masjid Şirvani abad ke-17, yang terletak di sebelah kastil, juga runtuh sebagian.

[Gambas:Twitter]

Kastil Gaziantep dianggap sebagai salah satu benteng paling terpelihara di Turki. Bangunan ini didirikan pada abad ke-2 dan ke-3 M ketika Kekaisaran Romawi memerintah Anatolia yang kini menjadi wilayah Turki.

Ditemukan di atas bukit di jantung Kota Gaziantep, kastil ini berbentuk lingkaran tidak beraturan dengan diameter sekitar 100 meter, menampilkan 12 menara dan 36 bastion.

Strukturnya diperluas dan direnovasi di era kaisar Bizantium Justinian I pada abad ke-6 Masehi. Bangunan ini juga mengalami beberapa pekerjaan pembangunan lebih lanjut pada tahun 1557 di bawah pemerintahan Suleiman yang Agung selama Kekaisaran Ottoman.

Gempa bermagnitudo 7,8 melanda Mediterania Timur pada pukul 4:17 waktu setempat, diikuti 11 menit kemudian oleh gempa susulan berkekuatan 6,7, pada Senin (6/2). Gempa kedua berkekuatan 7,6 magnitudo terjadi kurang dari 12 jam kemudian.

Skala kehancuran masih diperhitungkan, namun jelas bahwa Turki dan Suriah rusak parah akibat gempa tersebut. Pada Selasa (7/2), jumlah kematian resmi dilaporkan telah melampaui 5.000 dan diperkirakan akan meningkat dalam beberapa hari dan minggu mendatang.

Daerah ini dikenal aktif secara geologis karena berada di persimpangan antara lempeng tektonik Anatolia, Arab, dan Afrika.

"Gempa bumi terjadi ketika bagian-bagian patahan yang terkunci tiba-tiba 'pecah', mengakibatkan batuan bergerak cepat selama peristiwa katastropik. Gempa susulan biasanya merupakan gempa berkekuatan lebih rendah yang terjadi saat kerak bumi mengendap dan pulih di posisi barunya," komentar Dr Catherine Mottram, dosen senior Geologi Struktural dan Tektonik di University of Portsmouth.

"Ada potensi bahwa guncangan berkekuatan 7,5 terkait dengan pergerakan periode kedua di sepanjang kedalaman yang berbeda atau di sepanjang lokasi serangan di patahan, atau di untaian patahan yang berbeda. Ahli geofisika akan dapat merekonstruksi dengan tepat di mana gerakan terjadi di sepanjang patahan dengan merekonstruksi data yang dikumpulkan oleh seismometer di wilayah tersebut, sehingga lebih banyak informasi akan keluar dalam beberapa hari dan minggu mendatang tentang apa yang sebenarnya terjadi," tambahnya.

back to top