• Home
  • Berita
  • Fosil Stegosaurus Pecah Rekor Terjual Rp 720 Miliar

Fosil Stegosaurus Pecah Rekor Terjual Rp 720 Miliar

Redaksi
Jul 19, 2024
Fosil Stegosaurus Pecah Rekor Terjual Rp 720 Miliar
Jakarta -

Rangka Stegosaurus berusia 150 juta tahun yang hampir lengkap terjual dengan rekor USD 44,6 juta dalam pelelangan yang dilakukan Rabu (17/7).

Rumah lelang Sotheby's, yang menangani penjualan di New York, Amerika Serikat, menggambarkan fosil tersebut sebagai spesimen Stegosaurus terlengkap dan paling terawetkan dengan baik yang pernah ditemukan. Kerangka besar berukuran tinggi 3,3 meter dan panjang 6 meter itu dijuluki 'Apex.'

Dikutip dari NBC News, Jumat (18/7/2024) sisa-sisa dinosaurus itu semula diperkirakan laku hingga USD 6 juta (sekitar Rp 97 miliar), tetapi penjualannya jauh melampaui ekspektasi tersebut. Harga itu memecahkan rekor dunia untuk fosil di pelelangan setelah perang penawaran yang berlangsung lebih dari 15 menit, menurut Anna Tisi, perwakilan Sotheby's.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Identitas pembeli kerangka langka itu tidak diungkapkan kepada publik. Menurut keterangan Sotheby's, kerangka Apex ditemukan pada tahun 2022 di dekat kota Dinosaur di Moffat County, Colorado, di tanah pribadi seorang paleontolog yang menemukannya sendiri.

Tulang-tulang tersebut berada di Formasi Morrison, hamparan batuan sedimen yang berpusat di Colorado dan Wyoming yang juga meluas ke bagian dari 11 negara bagian lainnya.

ADVERTISEMENT

Fosil itu ditemukan tanpa spesimen lain di dekatnya dan tidak ada tanda-tanda cedera. Terdapat bukti adanya radang sendi, menunjukkan Stegosaurus tersebut mungkin telah bertahan hidup hingga usia lanjut.

"Apex menandai tonggak sejarah yang sangat penting, karena merupakan salah satu fosil terbaik yang pernah ditemukan," kata Cassandra Hatton, kepala bidang sains dan budaya populer global Sotheby's.

"Stegosaurus adalah salah satu spesies dinosaurus yang paling dikenal secara universal, yang siluet khasnya telah menjadi sumber daya tarik dan keajaiban selama beberapa generasi," tambahnya.

Stegosaurus adalah dinosaurus berkaki empat dan berlapis baja yang terkenal memiliki deretan pelat berbentuk layang-layang di punggungnya.

Dinosaurus berekor runcing ini hidup pada akhir periode Jurassic, sekitar 155 juta tahun lalu hingga 145 juta tahun lalu.

Fosil Stegosaurus yang hampir lengkap, yang dikenal sebaga 'Sophie', dimiliki oleh Museum Sejarah Alam di London, Inggris. Namun, kerangka Apex 30% lebih besar, menurut Sotheby's.

Sebelumnya, rekor harga tertinggi yang dibayarkan untuk sebuah fosil dalam pelelangan ditetapkan pada tahun 2020, ketika kerangka Tyrannosaurus rex bernama 'Stan' terjual seharga USD 31,8 juta (Rp 514 miliar).

Dinosaurus pertama yang dijual di pelelangan adalah spesimen yang sekarang terkenal yang dikenal sebagai 'Sue the T. rex' yang dilelang pada tahun 1997. Field Museum di Chicago, tempat ia dipamerkan, membelinya seharga USD 8,4 juta (Rp 135 miliar).



Museum Nasional di Brasil Terima 1.100 Fosil Pasca Kebakaran Hebat

Museum Nasional di Brasil Terima 1.100 Fosil Pasca Kebakaran Hebat


(rns/fay)
back to top