• Home
  • Berita
  • Diperiksa Kejagung Lagi, Menkominfo Johnny G Plate Bilang Begini

Diperiksa Kejagung Lagi, Menkominfo Johnny G Plate Bilang Begini

Redaksi
Mar 15, 2023
Diperiksa Kejagung Lagi, Menkominfo Johnny G Plate Bilang Begini
Jakarta -

Kejaksaan Agung (Kejagung) telah memeriksa Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate terkait dugaan kasus korupsi base transceiver station (BTS) 4G.

Ia diperiksa sebagai saksi dalam perkara BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tahun 2020-2022.

Johnny mengungkapkan kehadirannya kali ini untuk memenuhi panggilan Kejagung terhadap dirinya terkait proyek infrastruktur telekomunikasi yang dikerjakan Bakti Kominfo. Adapun ini merupakan kali kedua ia dipanggil Kejagung, di mana sebelumnya dilakukan pada 14 Februari lalu.

"Saya sebagai warga negara dan sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika mempunyai kewajiban memenuhi panggilan Kejaksaan Agung demi penyelenggaraan hukum yang baik dan benar," ujarnya di Kejagung, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

"Saya telah memenuhi keterangan dan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh aparat hukum Kejaksaan Agung dari pagi hingga siang sore ini," sambungnya.

Lebih lanjut, kata Johnny, keterangan yang disampaikannya kepada penyidik Kejagung itu berdasarkan yang ia tahu, pahami, dan menurutnya benar sebagai saksi.

"Itu telah saya lakukan dengan penuh tanggungjawab," ucap Menkominfo.

Adapun dalam pengusutan kasus dugaan korupsi BTS 4G Bakti Kominfo itu, Kejagung sejauh ini telah menetapkan lima tersangka, yakni:

1. Dirut Bakti Kominfo AAL
2. GMS selaku Direktur Utama Moratelindo
3. YS selaku Tenaga Ahli Human Development (Hudev) Universitas Indonesia Tahun 2020
4. MA selaku Account Director of Integrated Account Departement PT Huawei Tech Investment
5. IH selaku Komisaris PT Solitech Media Sinergy



Simak Video "Adik Menkominfo Kembalikan Rp 534 Juta Terkait Kasus Dugaan Korupsi BTS"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)
back to top