• Home
  • Berita
  • Di China, Tinggal Bayar Rp 13 Ribu Bisa Jadi 'Orang Kaya'

Di China, Tinggal Bayar Rp 13 Ribu Bisa Jadi 'Orang Kaya'

Redaksi
Apr 01, 2023
Di China, Tinggal Bayar Rp 13 Ribu Bisa Jadi 'Orang Kaya'
Jakarta -

Jangan percaya 100% apa yang ada di internet, nasihat ini mungkin makin benar adanya di zaman sekarang. Viral di China, siapa saja bisa bayar mulai ¥6 atau sekitar Rp 13 ribu untuk 'cosplay' jadi orang kaya.

Caranya, orang yang ingin kelihatan kaya bisa membeli video-video pamer kekayaan contohnya video supercar, uang tunai yang banyak, hingga barang mewah dan hewan eksotis. Nantinya, video itu bisa customized dengan suara pembeli video tersebut.

Layanan ini tersedia di situs seperti Taobao atau WeChat. Saking populernya, kegiatan ini bisa disebut sudah menjadi tren dan disebut sebagai 'zhuangbi' yang dalam bahasa gaul artinya 'orang yang berpura-pura'.

"Dengan 700 video yang bisa dipilih, aku bisa berpura-pura selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun," review salah satu pembeli.

Viral di China, siapa saja bisa bayar mulai ¥6 atau sekitar Rp 13 ribu untuk pura-pura jadi orang kaya. Foto: via NextShark

Melansir Next Shark, salah satu toko bernama 'Show-Off Video Dubbing Productions' bahkan memiliki stok video hingga 2.000 lebih. Semua pun siap untuk dikostumisasi.

Tak cuma video, beberapa penyedia jasa zhuangbi ini memiliki tawaran pengalaman liburan palsu, termasuk sarapan ala Inggris lengkap di hotel bintang lima, liburan ke pantai di Phuket, dan mendaki Gunung Salju Naga Giok yang terkenal di Yunnan.

Tidak jelas kapan tepatnya layanan semacam itu muncul, tetapi beberapa mengklaim bahwa tren ini sudah ada selama kurang lebih lima tahun. Salah satu perwakilan toko mengatakan ini adalah bisnis yang menjanjikan, dia bisa meraup keuntungan ¥10.000-¥20.000 yang bila dirupiahkan sekitar Rp 21,8 juta - Rp 43,6 juta.



Simak Video "Heboh Pelarangan Beribadah di Gereja Lampung, Polisi Turun Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)
back to top