Datangkan Omzet Besar, Ini Marketplace Pilihan Seller di Ramadan 2023

Di bulan Ramadan, makin banyak orang yang belanja online. Inilah marketplace yang paling populer di mata penjual.
Ipsos sebagai salah satu perusahaan riset pasar dan jajak pendapat, merilis hasil survei terbaru soal marketplace pilihan seller. Ada 3 indikator yaitu meningkatkan omzet (84%), memperluas pasar (72%), menghemat biaya promosi (69%).
Survei dilakukan dengan melibatkan 220 responden melalui Ipsos Online Panel. Responden adalah seller di online marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, ataupun TikTok Shop, satu atau lebih marketplace, setidaknya selama 3 bulan terakhir.
Dari hasil survey tersebut, Shopee (65%) diasosiasikan sebagai marketplace yang paling memberikan omzet terbesar bagi bisnis para online seller. Selanjutnya ada Tokopedia (16%), TikTok Shop (9%), serta Lazada (6%).
Responden juga memilih Shopee (59%) sebagai marketplace yang paling memberikan keuntungan, diikuti oleh Tokopedia (20%), TikTok Shop (8%), dan Lazada (7%).
Andi Sukma, Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia mengatakan marketplace membuat belanja online menjadi pilihan utama masyarakat memenuhi berbagai kebutuhan. Pelaku usaha menyambut minat belanja online pembeli dengan mengandalkan marketplace untuk berjualan mereka.
Data e-commerce 2022 di Indonesia. Foto: dok. Ipsos |
"Melalui survei ini, kami juga ingin mengidentifikasi brand atau merek platform marketplace mana yang menjadi pilihan utama penjual dalam memasarkan produk mereka serta faktor-faktor apa saja yang menentukan pilihan tersebut," kata Andi dalam keterangan yang diterima detikINET, Jumat (24/3/2023).
Faktor-faktor itu adalah:
â— Top Of Mind (TOM): Shopee (67%) menempati urutan pertama di benak online seller, diikuti oleh Tokopedia (16%), TikTok Shop (6%), serta Lazada (6%).
â— Brand Used Most Often (BUMO): Shopee unggul di peringkat pertama dengan angka 80%, disusul oleh Tokopedia (10%), TikTok Shop (6%), dan Lazada (3%).
â— Loyalty Ratio: Shopee dinilai sangat baik dengan persentase 84%, diikuti oleh Tokopedia (14%), TikTok Shop (10%), dan Lazada (6%).
Dari hasil survei yang didapat berdasarkan beberapa indikator tersebut, Shopee memiliki performa yang unggul menurut para seller. "Temuan ini sangat menarik, karena keunggulan Shopee semakin memperkuat posisinya sebagai destinasi belanja online pilihan masyarakat Indonesia." lanjut Andi.
Faktor Pertimbangan Memilih Marketplace
Tingginya animo masyarakat untuk memenuhi kebutuhan di bulan Ramadan mendorong para pelaku usaha untuk memanfaatkan momentum ini. Berdasarkan survei Ipsos, manfaat yang paling dirasakan oleh seller adalah adanya kampanye tematik (66%), ragam pilihan layanan pengiriman (57%), fitur-fitur interaktif (52%), muncul lebih banyaknya potensi pelanggan (43%) dan banyaknya promo menarik (95%) dari marketplace selama bulan Ramadan.
Survei ini juga mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi para online seller dalam memilih platform marketplace. 84% Responden menilai promosi dan kampanye tematik menjadi fitur yang paling sering dimanfaatkan dan positif untuk bisnis mereka, lalu ada live streaming (81%) dan konten video singkat (55%).
Lebih dari setengah responden menilai Shopee (62%) paling banyak menyediakan promo menarik bagi pelanggan, lalu diikuti oleh Tokopedia (16%), Tiktok Shop (12%), dan Lazada (6%). Untuk aspek kesesuaian produk yang dijual seller, Shopee masih unggul dengan 66%, diikuti Tokopedia (15%), TikTok Shop (9%), dan Lazada (7%).
Survei Ipsos menemukan bahwa 60% dari responden memilih Shopee sebagai marketplace dengan fitur interaktif terbaik Shopee Live, disusul oleh Tokopedia (18%) dengan Tokopedia Play, TikTok Shop (13%) dan Lazada (5%) dengan Laz Live.
"Promo menarik, kampanye tematik, serta fitur interaktif yang dihadirkan oleh marketplace menciptakan potensi konsumen yang lebih besar bagi online seller dan akhirnya meningkatkan omzet penjualan mereka di bulan Ramadan ini," lanjut Andi.
Adapun marketplace yang dinilai telah menjawab kebutuhan dan paling sering digunakan seller selama bulan Ramadan ialah Shopee (76%), kemudian Tokopedia (11%), TikTok Shop (8%), dan Lazada (2%).
"Melihat sengitnya persaingan para pemain e-commerce semakin menunjukkan bahwa ragam aspek yang membawa keuntungan untuk para penjual menjadi daya tarik utama," pungkas Andi.
Simak Video "Nilai Transaksi E-Commerce Alami Peningkatan 22 Persen di Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)