• Home
  • Berita
  • Contek Google Maps, Apple Maps Bakal Disisipi Iklan

Contek Google Maps, Apple Maps Bakal Disisipi Iklan

Redaksi
Feb 17, 2025
Contek Google Maps, Apple Maps Bakal Disisipi Iklan
Jakarta -

Apple sedang mempertimbangkan untuk memasukkan iklan ke layanan Apple Maps, hal ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan Apple.

Bisnis periklanan Apple sendiri telah menayangkan iklan untuk App Store, serta beralih ke tim internal untuk penjualan iklan di Apple News pada bulan November silam. Namun, mereka mungkin akan lebih mengembangkan bisnis iklan dengan mengalihkan perhatiannya ke Apple Maps.

Melansir dari Apple Insider, Senin (17/2/2025) dalam sebuah buletin "Power On", Bloomberg mengklaim bahwa Apple kini sedang memikirkan cara untuk memonetisasi aplikasi Maps-nya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam pertemuan grup Maps baru-baru ini, manajemen Apple mengonfirmasi bahwa mereka sedang menjajaki kemungkinan untuk memonetisasi aplikasi tersebut.

Penjajakan ini bukan merupakan konfirmasi langsung bahwa iklan akan muncul di aplikasi dengan cara tertentu, tetapi ada beberapa cara yang dapat dilakukan Apple untuk memonetisasi aplikasi.

ADVERTISEMENT

Sebagai contoh, kabarnya Apple mempertimbangkan untuk mengenakan biaya untuk memprioritaskan hasil pencarian di aplikasi. Hal ini juga masuk akal bahwa mereka dapat menjual kemampuan untuk membuat lokasi tertentu di peta lebih menonjol kepada pengguna.

Dengan keberhasilan Google memonetisasi Google Maps dengan berbagai cara, sangat masuk akal bagi Apple untuk melakukan hal yang sama untuk produk navigasinya sendiri.

Ini bukan pertama kalinya Apple berpikir untuk memonetisasi Maps. Pada bulan Agustus 2022, sebuah laporan mengatakan bahwa pekerjaan teknik "udah dilakukan untuk meluncurkan iklan pencarian di aplikasi Apple Maps.

Pada saat itu, iklan tersebut diperkirakan akan diluncurkan pada tahun 2023, dengan iklan berbasis hasil pencarian dan daftar yang dipromosikan sebagai salah satu cara Apple untuk mendapatkan pendapatan.

Langkah ini akan menjadi salah satu cara untuk memperluas bisnis iklannya yang sudah cukup besar. Pada bulan Agustus 2024, terungkap bahwa Apple memiliki 51% pangsa suara dalam iklan terprogram, tumbuh 6% dari tahun ke tahun.

Apple juga telah mempertimbangkan untuk menayangkan iklan di Apple TV+, dengan mempekerjakan seorang eksekutif iklan pada tahun 2023 yang diperkirakan akan membantu Apple menjalankan iklan selama pertandingan MLS dan MLB.

Segala upaya tersebut diperkirakan akan menyumbang sekitar USD 10 miliar dalam pendapatan iklan ke divisi Layanan Apple pada tahun 2024.



Apple Maps Versi Web Dirilis, Bisa Diakses di Perangkat Non-Apple

Apple Maps Versi Web Dirilis, Bisa Diakses di Perangkat Non-Apple


(jsn/jsn)
back to top