• Home
  • Berita
  • Chordtela, Cara Belajar Gitar yang Simpel untuk Pemula

Chordtela, Cara Belajar Gitar yang Simpel untuk Pemula

Redaksi
Feb 25, 2023
Chordtela, Cara Belajar Gitar yang Simpel untuk Pemula

Menjadi hiburan menyenangkan yang banyak dilakukan oleh masyarakat berbagai kalangan, bermain gitar memang terbukti memiliki banyak manfaat. Seperti untuk membantu mengasah kreativitas, kemampuan berpikir, meningkatkan kesejahteraan mental sekaligus untuk mengurangi risiko stres. Untuk Anda yang belum bisa bermain gitar, bisa mencoba untuk belajar bermain gitar dengan menggunakan platform belajar gitar Chordtela .

Dipercaya dengan melakukan kegiatan yang menghibur dan menyenangkan seperti bermain gitar bisa mengalihkan pikiran dari berbagai masalah berat dalam hidup sehingga memberikan kesempatan untuk rileks dan refreshing sejenak dengan mudah sekaligus murah meriah. Memainkan alat musik gitar juga bisa melatih daya konsentrasi, kemampuan berpikir dan juga bisa merangsang otak untuk bisa memecahkan masalah dengan optimal.

Merupakan sebuah situs website yang dirintis pada tahun 2017 yang lalu oleh seorang musisi yang bernama Ulfah Fajarini yang memiliki keinginan untuk membuat sarana yang bisa mempermudah para pemain gitar untuk memainkan lagu kesukaan dengan menggunakan alat musik gitar atau alat musik lainnya. Hingga kini, situs ini diketahui sudah menjadi salah satu platform yang menyajikan koleksi chord gitar yang paling besar dan paling lengkap di Indonesia dengan kurang lebih sekitar 25 ribu chord gitar serta lirik lagu yang selalu diupdate.

Banyak yang memilih untuk menggunakan platform belajar Chordtela karena memiliki fitur belajar bermain gitar yang lengkap sehingga bisa meningkatkan keterampilan bermain gitar terutama jika mempraktekkannya secara rutin dan teratur. Dikenal sebagai sebuah situs website yang menyajikan chord gratis berjumlah ribuan untuk lagu yang berasal dari Indonesia maupun mancanegara yang selalu diperbarui setiap harinya.

Situs ini bukan hanya menyediakan koleksi chord gitar dari berbagai genre musik dari seluruh dunia saja, namun juga menyediakan lirik lagu yang dimainkan. Situs ini memiliki layanan yang memungkinkan pengguna untuk mencari dan memainkan chord gitar dari lagu yang ingin dimainkan.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang tersedia di situs chord gitar yang bisa digunakan untuk membantu memainkan gitar secara optimal.

Tersedia fitur pencarian untuk memudahkan pengguna situs untuk mencari chord gitar dari lagu yang diinginkan. Tersedia beragam koleksi chord gitar yang berasal dari berbagai genre musik yang ada seperti musik pop, rock, dangdut, jazz hingga blues.

Situs ini juga menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memilih chord gitar sesuai dengan kunci dasar yang ingin digunakan untuk memainkan lagu tersebut. Biasanya pemilihan chord gitar disesuaikan dengan kemampuan pemain musik dan jenis musik yang akan dimainkan.

Chordtelajuga memiliki fitur yang menyajikan lirik lagu dari musik yang sedang dimainkan. Sehingga pengguna bisa memainkan musik dengan alat musik sekaligus menyanyikan lagu dengan lirik yang benar. Pengguna bisa memainkan chord gitar sembari membaca lirik lagu yang tersedia.

Tersedia juga fitur auto scroll yang bisa digunakan untuk memudahkan pengguna melakukan scroll laman kunci gitar ketika sedang memainkan alat musik yang digunakannya. Fitur ini bisa membuat laman chord musik yang sedang digunakan bisa secara otomatis turun ke bagian bawah sekaligus juga bisa diatur seberapa kecepatan yang dibutuhkan oleh pengguna.

Sebagian besar chord kunci gitar yang ada di platform ini sudah di-upload dalam bentuk chord kunci gitar dasar. Disamping itu, pengelola situs juga sudah menambahkan kunci gitar sesuai dengan nada lagu atau musik yang sedang dimainkan di bagian bawah laman.

Platform Chordtela ini bisa digunakan untuk mempelajari chord musik untuk menjadi keahlian dan keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh semua pemusik yang memainkan alat musik seperti gitar, ukulele dan lain sebagainya. Ada beberapa cara mudah untuk mempelajari chord musik dengan menggunakan situs website tersebut.

Langkah yang pertama untuk belajar chord bisa dimulai dengan mempelajari beragam jenis chord dasar meliputi chord dasar C, G, D, A dan E yang menjadi jenis chord dasar yang paling sering dipakai dalam bermusik. Pastikan untuk menghafalkan posisi jari yang benar untuk setiap kunci atau chord gitar dasar dan berlatih secara rutin sehingga bisa cepat menguasai keterampilan bermain gitar.

Setelah Anda sudah mengenal dan menguasai jenis chord dasar melalui Chordtela, selanjutnya adalah untuk memilih beberapa chord atau kunci gitar yang sederhana sekaligus mudah untuk dipraktekkan. Sebaiknya pilih jenis kunci gitar yang mempunyai posisi jari yang bisa dengan mudah diingat sekaligus dipraktikkan sesering mungkin. Praktik dan berlatih sesering mungkin hingga Anda mencapai rasa yang rileks sekaligus memiliki kepercayaan diri untuk bermain gitar di lagu tersebut.

Anda juga bisa mencari sumber pembelajaran lainnya, seperti dengan cara bergabung dengan forum online atau komunitas sehingga memungkinkan untuk adanya diskusi dengan para pemain musik yang lainnya.

Adalah sebuah pola ritme ketukan yang dipakai untuk memainkan kunci gitar yang ada pada situs ini. Jika Anda mempelajari strumming pattern yang berbeda maka keuntungannya adalah bisa membuat lagu yang dimainkan bisa terdengar lebih menarik serta terdengar lebih hidup.

Kunci keberhasilan dari belajar bermain gitar adalah dengan berlatih dengan tekun dan rutin setiap harinya. Usahakan untuk bisa memiliki jadwal berlatih yang teratur sehingga kemampuan bermain gitar bisa meningkat dengan efektif dan cepat.

Sebaiknya tak hanya puas untuk bisa memainkan satu lagu saja, namun terus belajar untuk mengembangkan keahlian dalam bermain alat musik seperti gitar misalnya. Usahakan untuk belajar dan berlatih jenis chord baru, yang memungkinkan Anda bisa mendapatkan inspirasi sekaligus melakukan eksplorasi tersendiri dari musik yang dimainkan. Perlu disadari sebelum belajar bermain gitar, bahwa Anda akan membutuhkan kesabaran, waktu dan konsistensi di dalam mempelajarinya.

Chordtela dikenal sebagai situs website yang memiliki koleksi chord dan lirik lagu favorit baik yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri, situs ini juga memiliki beragam video tutorial serta berbagai artikel yang membahas tentang bagaimana cara bermain gitar. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh situs website ini untuk Anda para pemain alat musik yang berencana untuk menggunakannya :

-Tampilan user interface situs yang user friendly dan mudah untuk digunakan semua kalangan pengguna. Sehingga untuk menggunakan fitur yang tersedia, pengguna tak harus memiliki keahlian khusus namun bisa langsung memanfaatkan fitur dan layanan yang tersedia sesuai kebutuhan.

-Situs ini bisa digunakan secara gratis tanpa harus terlebih dahulu login atau mendaftar terlebih dahulu untuk bisa menggunakan fitur yang tersedia di dalamnya. Pengguna bisa langsung mengakses semua kunci gitar, lirik serta video tutorial yang tersedia secara gratis tanpa dipungut biaya.

-Situs ini juga menyediakan koleksi kunci gitar dan lirik lagu yang terbilang sangat lengkap. Anda bisa menggunakan fitur pencarian untuk mendapatkan lagu atau musik yang diinginkan di situs website chord lagu ini.

Bahwa dengan menggunakan situs website chord lagu ini, pengguna bisa mendapatkan banyak sekali kemudahan dan keuntungan terutama bagi kalangan pemula yang baru mempelajari alat musik gitar.

Situs Chordtela bisa diakses dengan mudah oleh semua kalangan pengguna. Selain bisa digunakan secara gratis dan tak harus mendaftar terlebih dahulu, pengguna juga bisa langsung memulai proses belajar bermain gitar saat itu juga.

Situs ini dikelola dengan memiliki tampilan web yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami semua pengguna. Anda langsung bisa memanfaatkan fitur yang ada di dalamnya untuk memulai pengalaman mempelajari alat musik dan memainkan sebuah lagu. Tampilan menu dan fitur yang dibuat secara sederhana membuat pengguna tak kebingungan mencari kebutuhannya di dalam situs.

Situs ini juga memiliki beragam koleksi materi pembelajaran yang lengkap dari mulai tentang tabulasi gitar, panduan untuk bermain gitar, berbagai jenis chord gitar dasar dan berbagai materi belajar lainnya yang tersusun dengan rapi. Semua materi bisa diakses dengan mudah dan gratis oleh semua pengunjung situs, bahkan semua chord gitar dan tabulasi gitar yang tersedia juga bisa diunduh untuk dicetak secara gratis.

Situs ini dibuat untuk memberikan kemudahan para pemula yang baru memulai belajar memainkan gitar. Tersedianya beragam chord gitar lengkap dengan lirik lagunya, memungkinkan pengguna pemula bisa belajar untuk memainkan lagu dengan cepat serta mudah. Mereka pun bisa memilih jenis chord gitar yang paling mudah untuk dipelajari dan dimainkan sehingga bisa mengasah keahliannya sedikit demi sedikit.

Tersedia koleksi chord gitar yang lengkap dan terjamin keakuratannya. Banyak sekali situs lagu yang menyediakan chord gitar namun kurang akurat sehingga membuat lagu yang dimainkan tak mengeluarkan nada musik yang sesuai dengan nada yang asli.

Situs ini juga memberikan peluang untuk semua penggunanya agar supaya bisa saling berbagi dan bertukar informasi mengenai musik. Tujuannya adalah agar supaya bisa memiliki bangunan komunitas yang kuat antar pencinta musik dan saling mendukung sesama pengguna situs Chordtela.

Situs ini menyediakan beragam koleksi lagu yang berasal dari berbagai genre musik sehingga bisa menyesuaikannya dengan selera yang mereka miliki. Pengelola situs juga berusaha untuk selalu memperbarui daftar lagu yang tersedia sehingga pengguna bisa dengan mudah mendapatkan jenis lagu yang mereka inginkan baik lagu lama maupun yang terbaru sekalipun.

Menurut informasi dan sumber yang terpercaya, situs website ini aman untuk diakses semua kalangan pengguna. Diketahui bahwa situs ini tidak meminta data informasi pribadi milik pengguna seperti data nomor telepon, alamat email hingga nomor kartu kredit sebagai syarat mengakses konten yang mereka sediakan di laman situs. Semua konten yang ada dipastikan bisa diakses langsung tanpa syarat apapun.

Meski begitu, karena ini adalah halaman situs website maka pastinya akan ada risiko keamanan ketika perangkat melakukan akses situs dengan menggunakan browser. Disarankan untuk selalu mengupdate perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan secara berkala sehingga terhindar dari risiko masalah keamanan yang bisa terjadi.

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya Anda selaku pengguna atau pengunjung situs tidak memberitahukan data informasi pribadi berupa data apapun termasuk kode sandi yang dimiliki pada situs website yang tak dikenal atau tak terpercaya. Anda bisa langsung menghubungi tim Chordtela untuk mendapatkan bantuan jika mengalami kendala ketika sedang mengakses situs tersebut. Semoga bermanfaat.

back to top