• Home
  • Berita
  • Bos OpenAI Cari Dana Rp 109 Kuadriliun untuk Bangun Pabrik Chip AI

Bos OpenAI Cari Dana Rp 109 Kuadriliun untuk Bangun Pabrik Chip AI

Redaksi
Feb 12, 2024
Bos OpenAI Cari Dana Rp 109 Kuadriliun untuk Bangun Pabrik Chip AI
Jakarta -

CEO OpenAI Sam Altman sedang mencari investor untuk mendanai proyek pabrik chip AI. Dana yang ingin dikumpulkan jumlahnya tidak main-main, hingga triliunan dolar.

Menurut laporan Wall Street Journal, Altman membutuhkan dana sebesar USD 5 triliun hingga USD 7 triliun atau sekitar Rp 78 kuadrilion hingga 109 kuadrilion. Sebagai perbandingan, total penjualan di industri semikonduktor saat ini hanya sebesar USD 527 miliar.

Penggalangan dana ini ditujukan untuk mengatasi masalah kelangkaan GPU yang merupakan komponen penting untuk melatih dan menjalankan large language model (LLM), yang merupakan otak dibalik chatbot AI seperti ChatGPT, Microsoft Copilot, dan Google Gemini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sebagai bagian dari pembicaraam, Altman mengajukan kemitraan antara OpenAI, sejumlah investor, pembuat chip, penyedia energi listrik, yang bersama-sama akan mengumpulkan uang untuk membangun pabrik chip yang akan dijalankan oleh pembuat chip yang sudah ada," kata Wall Street Journal dalam laporannya, seperti dikutip dari ArsTechnica, Sabtu (10/2/2024).

"OpenAI bersedia menjadi pelanggan penting bagi pabrik-pabrik baru tersebut," sambungnya.

Untuk mencapai target yang ambisius tersebut, Altman kabarnya sudah bertemu dengan sejumlah investor penting, termasuk pemerintah Uni Emirat Arab, CEO Softbank Masayoshi Son, dan perwakilan dari TSMC.

Altman sudah beberapa kali membahas masalah pasokan dan permintaan terkait chip AI, yang saat ini sebagian besar disediakan oleh Nvidia. Komponen ini banyak dicari oleh perusahaan AI, namun persediaannya tidak cukup untuk memenuhi permintaan yang tinggi.

Pada tahun 2018, Altman menanamkan modal ke startup chip AI bernama Rain Neuromorphics. Setahun kemudian, OpenAI menandatangani letter of intent untuk membeli chip Rain senilai USD 51 juta.

Ini bukan pertama kalinya Altman dikabarkan mencari dana untuk proyek chip AI. Beberapa bulan yang lalu, Altman disebut sedang menggalang dana miliaran dolar dari investor di Timur Tengah untuk proyek chip 'Tigris' yang akan menjadi pesaing Nvidia.



Simak Video "Sam Altman soal Drama OpenAI: pada Titik Tertentu Hanya Perlu Tertawa"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)
back to top