Bersaing Offline-Online, Focus Nusantara Tingkatkan Pelayanan

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-20, Focus Nusantara meningkatkan pelayanan untuk pelanggan. Pemilik Focus Nusantara Hartono Kurniawan Halim mengungkapkan seiring dengan tema 'Constantly Changing' pada HUT ke-20, pihaknya beradaptasi dengan perkembangan zaman, salah satunya dengan layanan website customer service Focus Nusantara.
"Sekarang masih banyak toko kamera lain nggak punya website. Toh punya website, websitenya nggak bisa diandalkan. Kita (Focus Nusantara) toko kamera yang websitenya paling diandalkan. Orang percaya dengan website www.focusnusantara.com," ujar Hartono kepada tim detikcom, Rabu (5/4/2023).
Selain lewat website resmi, Focus Nusantara juga bekerja sama dengan sejumlah platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Blibli. Hartono mengatakan hal ini demi memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih praktis dan instan.
"Kita ini kan sudah menjadi official store. Itu menunjukkan kita ini toko resmi yang dipercaya dan memiliki reputasi penjualan. Review dari pelanggan bisa dilihat di kita itu tinggi. Tokopedia rating kita 5, maksimum," ucapnya.
Hartono menuturkan Focus Nusantara juga menjamin kepuasan pelanggan melalui pelayanan yang diberikan di platform e-commerce, mulai dari harga yang lebih murah dan kompetitif, hingga packaging yang aman.
"Saya jamin, harga saya itu paling kompetitif. Kalau ada yang lebih murah, pasti kita juga bisa nyamain. Pokoknya nggak usah takut sama harga, kalau sampai ada yang lebih murah kita bisa nyamain," tegasnya.
Peningkatan di segi digital tidak membuat Focus Nusantara meniadakan pelayanan secara tatap muka. Hartono menjelaskan Focus Nusantara akan menyediakan pelayanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
"Customer datang, kita akan tanya kira-kira apa yang dibutuhkan, budgetnya berapa, mau untuk motret apa. Otomatis kita akan memberikan rekomendasi, kira-kira dengan budget dan tuntutan begitu, kira-kira model dan merk apa paling cocok," terangnya.
Selain dari pelayanan, kenyamanan pengunjung juga ditunjang melalui sejumlah fasilitas yang meningkatkan pengalaman berbelanja. Misalnya, interior toko yang memungkinkan konsumen mengakses secara langsung dan bebas berbagai produk yang dipajang di etalase toko.
"Ini bisa pegang-pegang, nanti ditemanin kok. Kalau sampai jatuh ya itu risiko kita yang jual. Masa iya kita bilang ke customer 'eh pecah berarti beli'. Di sini tidak ada kata-kata 'pecah berarti beli', tidak ada kata-kata dilarang. Silahkan, coba-coba angkat sana-sini," jelasnya.
"Semua (pegawai) yang ada di sini semua bisa menjelaskan. Mereka bisa menjelaskan sebagus-bagusnya. Apa bedanya model ini dan yang itu, dia bisa menjelaskan. Jadi orang ke sini pasti betah," lanjut Hartono.
Bahkan, Focus Nusantara juga menyediakan coffee & snack corner di setiap tokonya untuk memaksimalkan kenyamanan pengunjung saat berbelanja.
"Kita punya empat toko, semua punya coffee cornernya, gratis. Kopi, teh, camilan gratis. Itu adalah sesuatu yang bikin kita berbeda. Toko lain ada juga yang nyediain kopi, tapi sachet, bukan cappucino. Zaman dulu kita itu pakai sachet, sekarang sudah modern karena kita selalu berubah," ungkapnya.
Hartono pun berharap ke depannya Focus Nusantara dapat menjadi toko yang bisa melayani konsumen dengan sebaik mungkin.
"Supaya kita tetap menjadi toko yang terbaik pada zamannya. Kita ingin survive jangka panjang, kita ingin jadi yang terbaik bukan cuma sekarang, tapi juga ke depan," tandasnya.
Simak Video "Samsung S23 Plus, Chipset Tercepat di Jajaran Android?"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)