• Home
  • Berita
  • Berkat Teknologi, Pesanan Kopi Lokal di Yogyakarta Tembus Ribuan

Berkat Teknologi, Pesanan Kopi Lokal di Yogyakarta Tembus Ribuan

Redaksi
Jan 30, 2023
Berkat Teknologi, Pesanan Kopi Lokal di Yogyakarta Tembus Ribuan

Tokopedia mendukung perkembangan UMKM lokal agar bisa meningkatkan penjualan dengan teknologi. Salah satunya adalah melalui Inisiatif Hyperlocal.

Dari banyaknya produk yang meningkat penjualannya melalui Inisiatif Hyperlocal Tokopedia, salah satunya adalah makanan dan minuman.

"Selama periode 2022 lalu terjadi kenaikan transaksi makanan dan minuman yang dilakukan oleh pengguna yang berdomisili di Provinsi D.I. Yogyakarta sebesar 1,5x lipat dibandingkan 2021," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia, Rizky Juanita Azuz dalam keterangan tertulis, Senin (30/1/2023).

"Tokopedia berharap melalui inisiatif hyperlocal yang dihadirkan dapat mendorong pegiat UMKM khususnya di Yogyakarta untuk berani memulai dan kembangkan bisnis melalui pemanfaatan teknologi," sambung Rizky.

Produk makanan dan minuman yang meningkat itu salah satunya adalah Space Roastery. UMKM yang menggaet petani lokal ini berhasil membuntuk komunitas dan majukan kopi di Indonesia karena penjualannya dengan Tokopedia.

General Manager Space Roastery, Slamet Kurniawan mengungkapkan awal mulanya usaha ini banyak menghadapi tantangan. Tak terkecuali terbatasnya informasi mengenai supplier kopi.

"Untuk itu, kami pun mulai aktif bergabung dengan berbagai forum kopi di sosial media bahkan menjadi inisiator komunitas Home Brewers Indonesia yang dibentuk pada 2018," ungkap Slamet.

Selanjutnya, melalui komunitas, Space Roastery bisa bekerja sama dengan ratusan petani dan beberapa supplier kopi dari berbagai daerah, seperti petani dari Gayo dan Lintong Sumatera Utara.

Tantangan lain yang harus dihadapi Space Roastery adalah semakin banyaknya produk yang sejenis di pasaran. Untuk mengatasi hal itu, Space Roastery konsisten untuk menghadirkan inovasi produk.

"Untuk menjadi pembeda, kami pun terus melakukan inovasi produk secara berkala. Setidaknya ada 2 hingga 3 produk baru yang kami rilis setiap bulan, mulai dari biji kopi, merchandise dan produk kopi dalam bentuk lain seperti minuman kemasan," papar Slamet.

Inovasi lain dari Space Roastery adalah membuat kemasan yang menarik dan memberikan nama yang unik di masing-masing produk. Strategi ini mendapatkan respons yang baik karena memudahkan pembeli mencari kopi sesuai dengan keinginan mereka.

Untuk meluaskan pangsa pasar, sejak awal Space Roastery memanfaatkan kanal digital seperti Tokopedia.

"Kami memanfaatkan berbagai fitur Tokopedia seperti Bebas Ongkir, yang membantu kami menjangkau pembeli di hampir seluruh wilayah Indonesia. Bahkan ada sekitar 400 pembeli baru setiap bulannya yang bertransaksi lewat Tokopedia," jelas Slamet.

"Di Tokopedia, setidaknya ada 2.000 pesanan setiap bulannya. Tokopedia pun berkontribusi sekitar 40% dari seluruh total omzet kami," pungkasnya.

Sebagai informasi, Tokopedia mencatat produk kopi yang populer di DI Yogyakarta adalah kopi kemasan dan kopi bubuk. Wilayah dengan transaksi produk kopi yang populer ada di Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, Kota yogyakarta, Kabupaten Gunungkidul, dan Kabupaten Kulon Progo. Sedangkan untuk tingkat Kecamatan meliputi Banguntapan (Kab Bantul), Depok (Kab Sleman), Umbulharjo (Kota Yogyakarta), Ngaglik (Kab Sleman), dan Sewon (Kab Bantul).

back to top