• Home
  • Berita
  • Bayar Biaya Pendidikan-Internet di Mitra Tokopedia Naik 4x Lipat

Bayar Biaya Pendidikan-Internet di Mitra Tokopedia Naik 4x Lipat

Redaksi
Apr 14, 2023
Bayar Biaya Pendidikan-Internet di Mitra Tokopedia Naik 4x Lipat
Jakarta -

Tokopedia terus mengupayakan keberlanjutan bisnis guna memberikan dampak positif kepada seluruh pihak di dalam ekosistem secara jangka panjang. Kini, Tokopedia melalui ekosistem Mitra Tokopedia berfokus menawarkan produk digital mulai dari pulsa hingga tagihan.

"Di aplikasi Mitra Tokopedia, persentase pengguna produk digital (pulsa, paket data, game voucher, token listrik dan lain-lain) jauh lebih tinggi dibandingkan produk grosir (sembako dan produk fisik lainnya)," jelas Head of Mitra Tokopedia, Carlo Yudhistira Praditya dalam keterangan tertulis, Jumat (14/4/2023).

"Melihat data tersebut, kami memutuskan untuk menyesuaikan bisnis kami dengan mengeliminasi fitur pembelian Produk Grosir di aplikasi Mitra Tokopedia, dan fokus memfasilitasi individu dan pemilik usaha untuk menjual 21 jenis Produk Digital dengan harga kompetitif, sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan lebih," tambah Carlo.

Carlo menjelaskan 21 jenis Produk Digital tersebut dibagi atas tiga kategori. Pertama, kategori Pembelian yang mencakup 5 produk seperti Pulsa dan Voucher Game. Kedua, kategori Dompet Digital yang mencakup 3 produk seperti Saldo Dompet Gojek dan Top Up GoPay. Ketiga kategori Pembayaran meliputi 13 produk seperti Tagihan Tokopedia dan PDAM.

"Penyesuaian bisnis Mitra Tokopedia ini sejalan dengan tujuan grup perusahaan Tokopedia, yaitu grup GoTo, dalam membangun bisnis yang tetap bertumbuh secara jangka panjang," papar Carlo.

Transaksi Biaya Pendidikan-Internet di Mitra Tokopedia Naik 4x Lipat

Carlo menambahkan hadirnya Mitra Tokopedia turut mendorong kemudahan masyarakat dalam bertransaksi. Hal ini terlihat dari meningkatnya transaksi pada beberapa layanan digital di Tokopedia.

"Selain memberikan manfaat kepada individu dan pemilik usaha, Mitra Tokopedia juga terus berupaya membantu masyarakat, yang masih menghadapi tantangan dalam mengakses produk digital, untuk bisa lebih mudah membeli produk digital dari individu atau pemilik usaha (termasuk warung) yang bergabung di Mitra Tokopedia," urainya.

Lebih lanjut, Carlo mengungkapkan saat ini masyarakat di lebih dari 700 kota/kabupaten di Indonesia telah dapat mengakses berbagai produk digital seperti pulsa, paket data, game voucher, token listrik, tagihan BPJS hingga biaya pendidikan di Mitra Tokopedia.

"Biaya Pendidikan, Internet dan TV Kabel, serta E-Samsat merupakan sejumlah produk digital dengan pertumbuhan paling pesat di Mitra Tokopedia pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 4x lipat," lanjut Carlo.

Wilayah dengan Peningkatan Transaksi Produk Digital Tertinggi di Mitra Tokopedia

Hingga saat ini, Tokopedia terus berupaya mendorong kesejahteraan ekonomi masyarakat di berbagai wilayah Indonesia melalui Mitra Tokopedia. Bersama Kementerian Koperasi dan UKM RI, Tokopedia turut melakukan Digitalisasi Warung untuk mendorong adopsi platform digital untuk pengembangan usaha para pemilik warung.

"Ke depannya, Mitra Tokopedia bersama seluruh mitra strategis akan terus fokus membantu pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Kami percaya bahwa hal tersebut hanya bisa terwujud jika ada kolaborasi dan inovasi," papar Carlo.

Carlo menjelaskan kehadiran Mitra Tokopedia mempermudah masyarakat mengakses layanan publik seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan E-Samsat untuk membantu meningkatkan penerimaan negara.

"Transaksi PBB dan E-Samsat di Mitra Tokopedia masing-masing mengalami peningkatan sebesar hampir 1,5x lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022," tambah Carlo.

Di samping itu, Mitra Tokopedia berupaya mempercepat terwujudnya inklusi keuangan dengan kategori produk Dompet Digital. Dengan demikian, masyarakat bisa lebih mudah, aman dan nyaman melakukan top up dompet digital.

Melalui berbagai kolaborasi dan inovasi, Mitra Tokopedia mencatat Sabu Raijua (NTT), Kaimana (Papua Barat) dan Mappi (Papua Selatan) menjadi sejumlah wilayah dengan peningkatan jumlah penjual produk digital paling tinggi di Mitra Tokopedia pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun 2022, dengan rata-rata peningkatan sebesar hampir 3x lipat.

"Kami juga melihat Minahasa (Sulawesi Utara), Raja Ampat (Papua Barat) dan Manokwari Selatan (Papua Barat) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi produk digital paling tinggi di Mitra Tokopedia pada kuartal I 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022, dengan rata-rata peningkatan sebesar lebih dari 5,5x lipat," kata Carlo.

"Tokopedia akan terus mengkaji bisnis Mitra Tokopedia agar dapat dengan lebih baik memenuhi kebutuhan para pengguna khususnya individu dan pemilik usaha di seluruh Indonesia," sambungnya..

Mitra Tokopedia Dukung Pemilik Warung di Sidoarjo Berdayakan Ribuan Warga

Manfaat hadirnya Mitra Tokopedia memang telah dirasakan oleh banyak masyarakat. Salah satunya seperti pelaku usaha di Sidoarjo Aditya Hermawan Sanjaya. Sejak kuliah, Aditya mengaku sudah mulai berbisnis dengan menjual produk voucher telepon fisik.

Namun seiring berkembangnya teknologi, Aditya ikut beradaptasi dengan memanfaatkan Mitra Tokopedia dan berjualan produk digital melalui warung 'Barokah Cell' miliknya. Meski hanya berjualan di warung, ia mengaku kini telah dapat menghasilkan omzet hingga belasan juta per harinya.

"Saat pandemi, keuangan dan (transaksi) warung saya menurun drastis. Saya harus mencari cara supaya bisa terus berjualan. Akhirnya di 2022, saya bergabung dengan Mitra Tokopedia. Aplikasi Mitra Tokopedia membantu saya bangkit. Kini omzet warung saya bisa mencapai belasan juta rupiah per hari berkat Mitra Tokopedia," ungkap Aditya.

Tak hanya itu, Aditya memberdayakan ribuan warga sekitar untuk juga berjualan produk digital. Ia pun sering mengedukasi warga sekitar tentang nilai tambah aplikasi Mitra Tokopedia, yang juga bisa melayani pembayaran E-Samsat dan PBB. Dengan begitu, mereka tidak pergi jauh untuk mengakses layanan publik tersebut.

Selama Ramadan, Mitra Tokopedia menghadirkan kampanye Ketupat (Kembali Untung Dahsyat) dengan hadiah total hingga Rp 100 juta. Adapun kampanye ini merupakan bentuk apresiasi bagi individu maupun pelaku usaha yang memanfaatkan Mitra Tokopedia.

Kampanye Ketupat berisi berbagai program, salah satunya THR Misi Rejeki. Aditya pun berhasil menjadi salah satu pemenangnya.

(fhs/ega)
back to top