• Home
  • Berita
  • Batu Gunting Kertas Dulunya Mainan di Rumah Bordil, Kata Sejarawan

Batu Gunting Kertas Dulunya Mainan di Rumah Bordil, Kata Sejarawan

Redaksi
Oct 04, 2023
Batu Gunting Kertas Dulunya Mainan di Rumah Bordil, Kata Sejarawan
Jakarta -

Seorang sejarawan Inggris mengatakan bahwa gunting batu kertas awalnya adalah permainan berbau seksual dan digunakan di rumah bordil. Hal ini diungkap oleh Katie Charlwood di akun TikTok miliknya.

"Secara teknis, awalnya dimulai sebagai Sansukumi-Ken, yaitu permainan minum China. Tetapi ketika permainan ini menyebar ke seluruh Jepang pada abad ke-17 dan ke-18, permainan ini menjadi sangat populer di rumah bordil," kata Charlwood.

Buku tahun 1998 'The Culture of Japan as Seen Through Its Leisure' yang ditulis oleh pendidik terkenal Sepp Linhart dan Sabine Fruhstuck adalah sumber yang dikutip Charlwood dalam video viral tersebut. Disebutkan bahwa permainan batu gunting kertas sudah ada pada Periode Edo (setidaknya sejak tahun 1700-an). Fungsinya sebagai permainan minum-minum atau sebagai semacam pemanasan di tempat hiburan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Para penulis menambahkan bahwa permainan tersebut akhirnya mendapatkan popularitas di luar rumah bordil, ketika orang dewasa mulai memainkannya di sekitar rumah dan dengan anak-anak mereka.

"Ini memainkan peran yang sangat besar dalam kehidupan santai orang dewasa Jepang dan dunia permainan anak-anak setidaknya selama 250 tahun, namun mengalami perubahan yang sangat signifikan ketika berubah dari eksotik menjadi biasa," tulis para penulis.

Di video TikTok, Charlwood juga mengungkap makna mengejutkan dari 'gunting'. Gunting berkaitan dengan komando untuk menanggalkan pakaian.

"Salah satu variasi permainan ini mengharuskan pemain melepas satu item pakaian setiap kali mereka kalah," ujarnya. Demikian melansir NY Post.

@whodidwhatnowpod Batu, kertas, gunting... maksud saya, sepertinya permainan yang cukup sederhana... Sumber: Linhart, Sepp (1998) Budaya Jepang Dilihat dari Kenyamanannya -Swab, Katherine (2015) A Cultural Sejarah Gunting Kertas Batu -Ditmore, Melissa Hope (2006) Ensiklopedia pelacuran dan pekerjaan seks -Becker, JE De (2007) Kota tanpa malam: geisha dan kehidupan pelacur di Tokyo kuno #history #historytok #rockpaperscissors #jankenpon #brothels #historyharlot ♬ suara asli - Siapa yang Melakukan Apa Sekarang



Simak Video "Sejarah Perjalanan Penetapan Hari Batik Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)
back to top