• Home
  • Berita
  • Asyik, HP Android Bakal Bisa Dipakai Jadi Dashcam Mobil

Asyik, HP Android Bakal Bisa Dipakai Jadi Dashcam Mobil

Redaksi
May 18, 2023
Asyik, HP Android Bakal Bisa Dipakai Jadi Dashcam Mobil
Jakarta -

Dashcam kini menjadi salah satu perangkat yang wajib dimiliki di mobil untuk mendukung keselamatan pengguna di jalan. Google sepertinya menyadari hal ini dan mereka dilaporkan sedang mengembangkan fitur dashcam untuk ponsel Android.

Laporan ini datang dari 9to5Google yang menemukan update untuk aplikasi Personal Safety untuk ponsel Android. Sepertinya Google tidak sengaja merilis versi beta internal aplikasi ini ke Google Play Store, dan 9to5Google berhasil mengambil beberapa screenshot.

Dengan mengaktifkan opsi ini, pengguna bisa memilih untuk merekam video atau menonton video yang baru saja direkam. Aplikasi ini menggunakan video yang dikompres untuk menghemat tempat dan pengguna bisa memilih untuk tidak merekam audio.

Aplikasi ini juga bisa mematikan layar ponsel atau memungkinkan pengguna membuka aplikasi lain sambil melanjutkan perekaman video di background. Pengguna juga bisa mengaktifkan trigger tertentu, misalnya langsung merekam video secara otomatis jika sudah terhubung dengan perangkat Bluetooth tertentu.

Pengguna bisa merekam hingga 24 jam dengan ukuran video 30 MB per menit. Video yang sudah direkam akan dihapus secara otomatis setelah tiga hari, memberikan cukup waktu bagi pengguna untuk menyimpan video yang dibutuhkan.

Aplikasi dashcam sendiri sebenarnya sudah banyak yang beredar di Google Play Store dan Apple App Store yang memungkinkan ponsel berubah jadi dashcam. Meski begitu, menggunakan ponsel sebagai dashcam memiliki beberapa batasan.

Misalnya merekam video terus-terusan yang memakan banyak tempat penyimpanan, ponsel yang cepat panas jika aplikasi kamera terbuka dan jika dibiarkan di dashboard terlalu lama, serta bisa merusak fitur OIS di kamera akibat guncangan di mobil, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (18/5/2023).

Belum diketahui bagaimana Google akan mengatasi masalah-masalah tersebut. Selain itu, belum diketahui apakah fitur ini akan tersedia untuk semua ponsel Android atau hanya Pixel saja.

Bagaimanapun, fitur baru ini akan sangat membantu pengguna untuk mendaur ulang ponsel Android-nya yang sudah lama tidak digunakan.



Simak Video "HP dan Tablet Ini Bisa Jajal Android 14 Beta "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)
back to top