• Home
  • Berita
  • Android Device Manager Lengkap dengan Penjelasannya

Android Device Manager Lengkap dengan Penjelasannya

Redaksi
Oct 03, 2022
Android Device Manager Lengkap dengan Penjelasannya

JAKARTA, arenagadget.id - Android Device Manager adalah utilitas perangkat lunak membantu menemukan perangkat Android. Ini Android Device Manager lengkap dengan penjelasannya. 

Kehilangan ponsel dapat merepotkan, terutama jika Anda menyimpan data sensitif di dalamnya. Layanan web dari Google akan memungkinkan Anda menemukan, menelepon, dan bahkan menghapus semua data dari ponsel yang hilang dari jarak jauh. 

Software melokalisasi perangkat secara geografis di peta, sehingga Anda bisa melihat di mana letaknya. Namun, jika GPS tak aktif di ponsel, lokasinya tak akan terlalu cepat. 

Dikutip dari Softonic, Android Device Manager memiliki interface yang sederhana dan mudah digunakan, meniadakan setiap kerumitan yang mungkin ada dalam menggunakannya. 

Setelah diluncurkan, aplikasi akan menampilkan antarmuka mirip dengan Google Maps. Sebagian besar jendela aplikasi didedikasikan untuk peta, yang dapat diperbesar agar menemukan lokasi yang tepat dari ponsel. 

Di sisi kiri jendela aplikasi adalah informasi perangkat, serta opsi lain yang dapat Anda lakukan di ponsel Anda yang hilang. Aplikasi ini menampilkan model, status baterai, dan lokasi ponsel Anda. 

Layanan bahkan menunjukkan kepada Anda apakah perangkat terhubung online atau tidak. Seperti disebutkan, aplikasi utilitas ini hanya dapat memberikan lokasi yang tepat dari ponsel Anda jika GPS-nya diaktifkan.

Untuk menggunakan aplikasi, Anda hanya perlu masuk ke akun Google yang Anda gunakan di perangkat Anda. Aplikasi kemudian akan mengambil lokasi secara otomatis.

Cara Menemukan, Mengunci, atau Menghapus dari Jarak Jauh

1. Buka  android.com/find, lalu login ke akun Google

-  Jika memiliki lebih dari satu ponsel, klik ponsel yang hilang di bagian atas layar

- Jika ponsel yang hilang memiliki lebih dari satu profil pengguna, login dengan akun Google yang ada di profil utama

2. Ponsel yang hilang akan mendapatkan notifikasi

3. Di peta, Anda akan mendapatkan informasi tentang lokasi ponsel

- Lokasi yang ditunjukkan adalah perkiraan dan mungkin tidak akurat

- Jika ponsel tak dapat ditemukan, Anda akan melihat lokasi terakhir yang diketahui jika tersedia

4. Pilih yang ingin Anda lakukan. Jika perlu, terlebih dulu klik Aktifkan kunci dan hapus

- Putar Suara: Menderingkan ponsel dengan volume maksimum selama 5 menit, meski perangkat disetel ke mode senyap atau getar

- Amankan Perangkat: Mengunci ponsel dengan PIN, pola, atau sandi. Jika tidak memiliki kunci, Anda dapat menyetelnya. Untuk membantu seseorang mengembalikan ponsel, Anda dapat menambahkan pesan atau nomor telepon ke layar kunci

- Hapus Perangkat: Menghapus semua data di ponsel Anda secara permanen. Setelah Anda menghapusnya, aplikasi Find My Device tidak akan berfungsi di ponsel.

Jika menautkan ponsel ke Google, Anda dapat menemukan atau menderingkannya dengan menelusuri temukan ponsel saya di google.com.

back to top