• Home
  • Berita
  • Anak-anak Habiskan Waktu Lebih Banyak di TikTok Dibanding YouTube

Anak-anak Habiskan Waktu Lebih Banyak di TikTok Dibanding YouTube

Redaksi
Jan 29, 2024
Anak-anak Habiskan Waktu Lebih Banyak di TikTok Dibanding YouTube
Jakarta -

Sebuah studi baru terkait kebiasaan online pada anak-anak dengan rentang usia 4 hingga 18 tahun, ditemukan hasil bahwa mereka telah menghabiskan rata-rata 112 menit setiap hari di TikTok pada tahun 2023, angka ini meningkat dari 107 menit pada tahun sebelumnya.

Studi ini dilakukan oleh perusahaan pembuat perangkat software kontrol orangtua, Qustodio dengan melibatkan 400 ribu keluarga dan sekolah di seluruh dunia. Mengungkapkan meskipun YouTube tetap menjadi aplikasi streaming terbesar di dunia di antara demografi ini, namun anak-anak menghabiskan 60% lebih banyak waktu di TikTok tahun lalu. Hal ini tak heran jika YouTube turut meluncurkan fitur Short untuk menyaingi TikTok.

Dalam laporan tahunannya, perusahaan ini memberikan gambaran tentang kebiasaan digital anak-anak dan penggunaan teknologi mereka di seluruh perangkat seluler dan desktop, dengan menyelami lebih dalam ke pasar-pasar tertentu, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, Australia, dan Prancis.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Yang unik dari kumpulan datanya adalah data tersebut berasal dari penggunaan teknologi di dunia nyata oleh anak-anak, bukan dari pertanyaan panelis. Namun, data ini mungkin tidak sepenuhnya mewakili kebiasaan media digital anak-anak, karena sebagian kecil dari pasar mewakili rumah tangga dan sekolah yang menggunakan perangkat lunak kontrol orang tua.

Meski begitu, ini adalah kumpulan data yang besar untuk diambil dan mengungkapkan beberapa tren secara keseluruhan yang menunjukkan bagaimana anak-anak, baik yang lebih muda maupun yang lebih tua, terlibat dengan teknologi.

Terlepas dari meningkatnya kekhawatiran di kalangan orang tua dan legislator tentang bahaya media sosial, penggunaan aplikasi media sosial di kalangan anak-anak tetap populer di tahun 2023.

Melansir dari Techcrunch, Senin (29/1/2024) TikTok tetap menjadi aplikasi terpopuler secara global, yang digunakan oleh 44% anak-anak, dan Facebook menjadi yang terpopuler kedua, digunakan oleh 38%.

X (dulu twitter) membuktikan meski berganti nama namun sebanyak 38% pengguna muda masih menggunakan platform ini pada tahun 2023, angka ini naik dari 30% dari tahun sebelumnya.

Melengkapi daftar aplikasi sosial paling populer secara global adalah Reddit, Instagram, dan Pinterest, dengan masing-masing 32%, 32%, dan 31% penggunaan.

Daftar ini terlihat sedikit berbeda di Amerika Serikat, karena TikTok diikuti oleh X, Reddit, Facebook, Pinterest, dan kemudian Instagram.

Namun, TikTok menghabiskan lebih banyak waktu daripada para pesaingnya, dengan penggunaan 112 menit per hari, rata-rata secara global, dibandingkan dengan 63 menit untuk Instagram, 19 menit untuk Facebook, 16 menit untuk Pinterest, 10 menit untuk X, dan 9 menit untuk Reddit.

Terkait hal tersebut, WhatsApp milik Meta mempertahankan posisi teratas sebagai aplikasi perpesanan terpopuler secara global, digunakan oleh 37% anak-anak, mengungguli Snapchat (35%), Discord (31%), Messages (28%), Skype (21%), dan Google Duo (13%).

Namun, sejauh ini Snapchat merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan anak-anak, dengan rata-rata 74 menit per hari, jauh di atas saingan terdekatnya, Discord, dengan 27 menit per hari.

Jika dikategorikan sebagai aplikasi sosial dan bukan aplikasi komunikasi, maka aplikasi ini akan menjadi aplikasi nomor tiga dalam hal waktu yang dihabiskan.



Simak Video "TikTok Rilis Fitur Teks, Mirip Instagram Stories?"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)
back to top