• Home
  • Berita
  • 5 Tips Ala Tokopedia Rayakan Festival Lampion Waisak 2023 di Borobudur

5 Tips Ala Tokopedia Rayakan Festival Lampion Waisak 2023 di Borobudur

Redaksi
Jun 01, 2023
5 Tips Ala Tokopedia Rayakan Festival Lampion Waisak 2023 di Borobudur
Jakarta -

Perayaan Hari Raya Waisak yang jatuh pada tanggal 4 Juni 2023 menjadi hari yang ditunggu oleh umat Buddha. Hari raya ini menjadi momen libur nasional, sehingga masyarakat Indonesia juga bisa merayakan Waisak yang umumnya dilakukan di vihara atau candi.

Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, menjadi salah satu lokasi yang paling populer untuk merayakan Waisak. Sarat akan nilai budaya dan wisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pun menobatkan Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi super prioritas (DSP) di Indonesia.

Lebih lanjut, kali ini ada yang unik pada momen menjelang Waisak 2023. Dimana masyarakat Indonesia ramai membicarakan dan menyambut puluhan biksu yang berjalan kaki dari Thailand menuju Candi Borobudur. Perjuangan para biksu dalam melakukan ritual Thudong ini pun membuat masyarakat Indonesia kagum.

Sama seperti pada tahun sebelumnya, Perayaan Waisak 2023 dengan menggelar festival lampion juga dihelat di Candi Borobudur. Festival ini biasanya melepas ribuan lampion kertas yang diterbangkan ke langit pada malam hari. Kegiatan ini dilakukan bukan hanya untuk umat Buddha saja, tetapi masyarakat umum pun bisa ikut merasakan keseruan melepas lampion kertas tersebut.

Bagi kamu yang ingin menikmati festival lampion Waisak di Candi Borobudur dengan nyaman dan aman, berikut adalah lima tips ala Tokopedia yang bisa kamu terapkan sebelum meluncur ke Candi Borobudur, Magelang.

1. Buat Rencana Budget Perjalanan dengan Matang

Hitung dan tentukan budget yang realistis. Dalam menyiapkan dana liburan, ada beberapa pos anggaran yang sebaiknya dipenuhi, mulai dari biaya transportasi, biaya penginapan dan biaya konsumsi.

Tak hanya itu, biaya tempat wisata, seperti tiket masuk ke Festival Lampion Waisak Borobudur 2023, biaya untuk beli souvenir hingga biaya untuk hal yang tidak terduga juga harus dipersiapkan. Setelah menyiapkan dana liburan, segera pesan tiket transportasi sesuai kebutuhan, yang bisa dilakukan dengan mudah lewat Tokopedia Travel.

"Pemesanan tiket pesawat dengan destinasi Yogyakarta (berjarak 38-40 km dari Candi Borobudur) melalui Tokopedia mengalami peningkatan transaksi sebesar hampir 1,5 kali lipat selama kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama di 2022," ungkap Head of Corporate Affairs Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan tertulis, Kamis (1/6/2023).

2. Bayar Tagihan Dulu Sebelum Pergi Liburan

"Ketika ada banyak tagihan, kita kadang lupa mana tagihan yang sudah dibayar dan yang belum. Implikasinya bahkan bisa kena denda ketika akhirnya lupa bayar tagihan tertentu. Manfaatkan lah fitur Kelola Tagihan di Tokopedia sebelum bepergian saat libur nasional agar pikiran lebih nyaman saat perjalanan liburan," saran Ekhel.

Ekhel menambahkan Fitur Kelola Tagihan memungkinkan masyarakat bisa membayar belasan macam tagihan dan top-up-antara lain Paket Data, Listrik PLN, m-tix XXI, Internet dan TV Kabel, Air PDAM, Telkom, Premi Asuransi, Pajak PBB, Angsuran Kredit, Uang Elektronik, Pulsa Pra maupun Pascabayar, Properti, Tagihan Gas dan BPJS-secara sekaligus lewat satu halaman, bahkan bisa secara otomatis.

3. Bawa Barang Secukup dan Seperlunya

"Hindari membawa terlalu banyak barang saat berwisata ke Candi Borobudur, termasuk saat pergi ke Festival Lampion Waisak 2023. Siapkan payung atau jas hujan untuk mengantisipasi hujan. Selain itu, pilih busana dengan bahan yang ringan serta tidak mudah kusut," kata Ekhel.

Ekhel menambahkan seluruh barang bawaan ketika mengunjungi Festival Lampion Waisak Borobudur 2023 bisa disimpan di wadah yang ringan, seperti ransel, travel pouch dan tas belanja lipat. Tujuannya adalah untuk melindungi barang agar tidak terjatuh ataupun hilang.

"Sepanjang kuartal I 2023, kami mencatat travel organizer atau pouch menjadi salah satu perlengkapan traveling terlaris di Tokopedia, dengan peningkatan transaksi sebesar hampir 1,5 kali lipat,"imbuh Ekhel.

4. Gunakan Pakaian yang Sopan

Ekhel mengatakan kawasan candi merupakan tempat ibadah. Karena itu, pengunjung harus memperhatikan pakaian yang dikenakan saat menghadiri Festival Lampion Waisak 2023 di Candi Borobudur.

Hindari menggunakan celana pendek dan pakaian tanpa lengan. Selain itu, bawalah jaket atau outer karena udara pada malam hari di kawasan Candi Borobudur cenderung dingin dan berembun.

"Berdasarkan data internal Tokopedia, baju hangat menjadi salah satu produk terlaris dengan peningkatan transaksi sebesar lebih dari 2,5 kali lipat selama kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama di 2022," tutur Ekhel.

5. Tetap Jaga Kebersihan

Ketika mengunjungi Candi Borobudur saat perayaan Waisak, termasuk saat mengikuti Festival Lampion 2023, jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Siapkan kantong sampah sendiri untuk menghindari membuang sampah sembarangan saat tidak menemukan tempat sampah di lokasi.

"Kantong sampah cassava (terbuat dari singkong), menjadi salah satu produk kantong sampah ramah lingkungan terlaris di Tokopedia selama periode jelang Waisak 2023 dibandingkan periode yang sama di 2022," kata Ekhel.

Selain itu, Ekhel juga mengungkapkan sejumlah produk seperti lampion dan lampu hias mengalami peningkatan menjelang Hari Raya Waisak 2023.

"Tingginya antusiasme masyarakat dalam menyambut Hari Raya Waisak 2023 bisa dilihat dari tren penjualan di Tokopedia. Beberapa produk yang berkaitan dengan Hari Raya Waisak, seperti lampion dan lampu hias, mengalami peningkatan transaksi hampir 70% selama periode jelang Waisak 2023," pungkas Ekhel.



Simak Video "Pengunjung Pertama Candi Borobudur Tahun 2023 Disambut Dua Gajah Cantik"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)
back to top