• Home
  • Berita
  • 5 Hal Mustahil yang Bisa Jadi Nyata Kalau Bumi Datar

5 Hal Mustahil yang Bisa Jadi Nyata Kalau Bumi Datar

Redaksi
Mar 30, 2024
5 Hal Mustahil yang Bisa Jadi Nyata Kalau Bumi Datar
Jakarta -

Meski ilmuwan menegaskan bahwa Bumi berbentuk bulat (tidak benar-benar sempurna), masih ada segelintir orang yang meyakini Bumi datar. Ini pun diperkuat dengan meluasnya berbagai teori konspirasi terkait Bumi datar.

Kendati demikian, sains tidak berbohong. Jika seandainya Bumi benar-benar berbentuk datar, ada lima hal mustahil yang bisa-bisa jadi kenyataan. Berikut ini dikutip dari Forbes.

1. Gerhana Bulan

Hal pertama adalah gerhana Bulan tidak hanya terjadi pada tengah malam. Jika Bumi adalah piringan datar, gerhana bulan terjadi pada waktu yang berbeda-beda, bergantung pada lokasi Anda di Bumi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

2. Musim

Sinar Matahari, yang hampir sejajar sempurna, menyinari Bumi pada sudut yang berbeda-beda pada waktu yang berbeda dalam setahun. Apabila bumi datar, sinar matahari akan selalu datang pada sudut yang sama. Itu artinya Amerika Serikat, Australia, Italia, dan Argentina akan mengalami musim dengan cara yang sama persis.

3. Langit

Seandainya benar Bumi datar, semua orang di sisi malam Bumi akan melihat langit yang sama. Bintang yang berbeda terlihat dari garis lintang yang berbeda.

ADVERTISEMENT

4. Kawaikini

Selanjutnya, Anda tidak bisa melihat Kawaikini dari puncak Mauna Kea. Pulau Kauai memiliki titik tertinggi ketujuh di kepulauan Hawaii, puncaknya dikenal sebagai Kawaikini. Jika Anda menggambar garis lurus dari Mauna Kea (ketinggian: 13.796 kaki) ke Kawaikini (ketinggian: 5.226 kaki), garis tersebut akan menempuh jarak 303 mil (487 km).

Namun, Anda tidak dapat melihat ini bila Bumi datar. Garis pandang untuk kedua ketinggian tersebut adalah 233 mil (374 km).

5. Matahari terbit dan terbenam

Matahari terbenam dan terbitnya matahari terjadi pada waktu yang berbeda tergantung garis bujur Anda. Apabila bumi datar, maka seseorang di New York dan seseorang di Los Angeles akan melihat matahari terbit dan terbenam pada waktu yang bersamaan.



Simak Video "4 Fenomena Gerhana yang Bakal Terjadi di 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)
back to top