• Home
  • Berita
  • 10 Ribu Drone Ukraina Rontok Dijatuhkan Rusia Tiap Bulan

10 Ribu Drone Ukraina Rontok Dijatuhkan Rusia Tiap Bulan

Redaksi
May 28, 2023
10 Ribu Drone Ukraina Rontok Dijatuhkan Rusia Tiap Bulan
Jakarta -

Drone pernah menjadi senjata ampuh Ukraina saat awal perang melawan Rusia, tapi kini efektivitasnya kian berkurang. Menurut laporan terbaru, Ukraina menderita kerugian banyak drone setiap bulan, sebagian besar karena serangan elektronik dari Rusia.

Sistem pertahanan teknologi Rusia telah berkontribusi pada hilangnya drone udara Ukraina yang mengejutkan, yaitu sekitar 10.000 UAV (unmanned aerial vehicle) tiap bulan. Hal itu menurut laporan terbaru dari Royal United Services Institute (RUSI).

Rusia mengerahkan peralatan perang elektronik mutakhir di Donbas pada tahun 2022. Sejak saat itu, mereka meningkatkan pasokannya. Rusia sekarang memiliki sistem itu setiap enam mil di sepanjang garis depan perang sepanjang 1.200 km.

Mesin-mesin tersebut dipasang dan menjatuhkan drone dengan mengganggu frekuensinya. Laporan RUSI berjudul 'Meatgrinder: Russian Tactics in the Second Year of its Invasion of Ukraine' mengatakan taktik baru Rusia berkontribusi pada tingkat kerugian UAV di Ukraina sekitar 10.000 per bulan.

Rusia juga dikatakan sangat mampu mencegat dan mendekripsi komunikasi militer Ukraina. Laporan tersebut dibuat setelah wawancara dengan tiga personel militer Ukraina yang tidak disebutkan namanya.

"Pasukan Ukraina berkomunikasi dengan radio Motorola dengan enkripsi 256-bit, tapi tampaknya Rusia dapat menangkap dan mendekripsi transmisi ini hampir secara real time," tulis peneliti itu seperti dikutip detikINET dari New York Post.

Sistem Rusia berteknologi tinggi seperti stasiun jamming Shipovnik-Aero dapat meniru sinyal lain dan memiliki efek yang canggih untuk menjatuhkan UAV. Salah satu penulis laporan, Dr. Jack Watling, menyebut bahwa 10.000 drone yang jatuh per bulan bukan statistik yang sepenuhnya tepat.

"Jadi seberapa percaya diri saya di angka 10.000 per bulan? Sebagai angka pasti, saya tidak. Total aktualnya bervariasi dari bulan ke bulan dan hari ke hari dan tidak dilacak dengan cermat," kata Watling.



Simak Video "Zelenskyy: Ada Sanksi Baru Bagi Penyokong Industri Militer Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/asj)
back to top